Saturday, January 19, 2008

The Power Of Water (part 1)


Assalamualaikum.


Di post kedua ini saya ingin sedikit berbagi cerita tentang sebuah buku karya masaru emoto yang berjudul "The Power of Water". Kira2 bulan desember klo ga salah, waktu itu sya nelpon rumah.. biasalah kangen2an ama keluarga dirumah.. dan seperti biasa obrolan geje selalu g bisa terelakkan.. maklum namanya juga keluarga.. hingga akirnya ditengah2 obrolan geje yg slah satunya "ngojok2in" kakaku yg nomor 2 biar cepet2 nikah.. dengan alasan "masak ntar aku nglangkahin kmu mbak" huhuhu padahal calon aja lom ada... timbul suatu percakapan yg ag sedikit bermanfaat yaitu tentang kekuatan air... busettt... ya jd ceritanya bokap abis beli buku karya masaru emoto di gramedia semarang.. alhasil setengah jam berikutnya kita hanya ngbrolin buku itu deh... dan berikut sedikit ulasan tentang buku tersebut.. ya mudah2 aje bermanfaat..


Buku ini menurut saya menarik karena menyuguhkan sesuatu yang baru, sesuatu yang sebenarnya selalu ada di sekitar kita.. yaitu air. dia sebagai seorang ilmuwan bisa menemukan cara untuk memotret atau memvisualisasikan bentuk kristal air secara jelas (untuk ini dia mendapat sebuah pengahargaan) tapi lebih hebatnya lagi dia bisa menemukan bahwa ternyata air itu bisa mempunyai kemampuan untuk merespons lingkungan dan memengingat akan kondisi sekitarnya yang kemudian terekam dalam bentuk kristal air yang berbeda2 sesuai atas perlakuan yg dilakukan terhadap air itu sendiri.


satu contoh dari hasil penelitiannya yang cukup mencengankan adalah ketika air dari sumber yg sama kemudian ditaruh di 2 botol yg berbeda.. yang satu diberi sebuah tulisan "terima kasih" dan yg satu lagi diberi tulisan "benci".. ternyata kristal air yg terbentuk dr 2 perlakuan tersebut sangat lah berbeda.. air yg diberi tulisan terima kasih membentuk susunan hexagonal sempurna (seperti gambar diatas) dan yang satu lagi membentuk kristal yg tak beraturan.. mm mencengangkan bukan. dan ini telah dilakukannya lebih dari 100 ribu kali percobaan.. dan hasilnya selalu sama.


Secara garis besar emoto berhasil membuktikan bahwa ide, musik dan kata2 bisa memberikan pengaruh dalam bentuk struktur molekul air.. Penulis sebagai seorang profesor yang selalu mengedapankan rasionalitas dalam berpikir dan mengambil kesimpulan sebenarnya juga susah untuk mempercayai hal itu.. tapi hasil riset yg tentu saja telah melalui proses2 ilmiah , terukur dan bisa dipertanggungjawabkan bisa membuktikan temuan2nya itu.. hingga di akhir bukunya penulis belum bisa menemukan peristiwa ilmiah apa yang terjadi sehingga air bisa seperti makhluk hidup yang bisa mempunyai kemampuan mengingat dan merespons ide,musik dan kata2..


ingin tahu kelanjutan cerita tentang emoto dan bukunya.. tunggu aja part 2 nya ya. udah malem ni soalnya.. hehehe..

yah semoga besok pagi bisa bangun pagi, minum jeruk panas sambil nulis2 lagi tentang si pak masaru meoto dalam bukunya the power of water..


Sekian untuk hari ini


Wassalamualaikum..

2 comments:

~||* Abay.Kun said...

menarik juga ya air. Ada foto nya ga ya bentuk air yang lg happy2 ato lagi sedih?

Riyandi Nuswantoro said...

dibunya banyak fotonya bay.. klo sedih air mata kali