Film Fitna, film yang lagi ramai dibicarakan di media massa akir2 ini dan juga menuai protes dari berbegai pihak terutama umat muslim yang merasa tersinggung dengan isi film ini. Di film ini Alquran ditafsirkan dengan versi sang pembuat (penafsiran dengan konteks ugal2an) yg ingin menyampaikan bahwa Islam itu penuh dengan kekerasan.
Sebagai umat muslim saya juga secara pribadi menyesalkan pembuatan film FITNA. Disini harus jelas mana batas antara kebebasan berekspresi dan mana arti menjaga toleransi terutama yg menyangkut dengan keyakinan. Badai protes di Indonesia datang luar biasa yang juga sebenarnya saya sesalkan. Tindakan anarkis dengan merusak dan melempari telur busuk ke kedutaan belanda bukanlah suatu respond yang cerdas untuk menanggapi pembuatan film ini. Disini malah Si Wilder sang pembuat akan merasa jumawa dan berkata.. itulah muka islam yg doyan akan “kekerasan”. Pengrusakan kedutaan besar belanda kemudian menuntut untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan belanda juga pelampiasan yg keliru menurut saya. Toh nyata2 pemerintah belanda sudah menunjukkan sikapnya bahwa mereka mengecam pembuatan film fitna dan menyatakan bahwa itu tidaklah mewakili pandangan warga belanda pada umumnya. Dan satu bukti nyata dr pernyataan tersebut adalah dengan tidak adanya satu stasiun televisi pun di belanda yg mau untuk menayangkan film itu.
Disini saya tidak akan membahas isi film Fitna, karena saudara2 yg ingin menyimak bisa melihatnya dengan mudah di jejaring berbagi video alias youtube. Yang ingin saya sampaikan disini adalah perspektif lain dari bagaimana cara kita menyikapi film fitna ini terutama bagi umat muslim. Saya tidak akan mengatakan secara langsung tentang bagaimana respond atau reaksi terhadap film fitna ini, tapi saya ingin menghadirkan sebuah kisah yang secara apik ditulis oleh KH Jalaluddin Rakhmat dr website beliau http://www.jalal-center.com. Sebuah kisah yang saya rasa relevan baik itu terhadap case yg saya bicarakan ini atau juga case2 yang lain yg langsung atau tidak langsung menuntut sebuah reaksi dari kita sebagai umat muslim..
MEMBALAS KEBENCIAN DENGAN KASIH SAYANG
Salah seorang di antara tokoh besar dalam dunia kesucian adalah orang Mesir yang bernama Dzunnun. Karena ia berasal dari Mesir, maka ia dikenal dengan sebutan Dzunnun Al-Mishri, Dzunnun Si Orang Mesir.
Ketika ia masih hidup, orang-orang tidak mengenalnya sebagai orang yang dekat dengan Allah. Ia malah lebih banyak dicela dan dicemooh orang karena dianggap kafir, ahli bid’ah, dan orang murtad. Ia tidak pernah membalas semua tuduhan itu dengan kemarah-an atau serangan balik. Ia bahkan menunjuk-kan dirinya seakan-akan ia mengakui seluruh celaan itu. Selama ia hidup, orang-orang tidak mengetahui bahwa Dzunnun adalah salah seorang di antara waliyullah, kekasih Allah. Orang mengetahui kedekatannya dengan Tuhan setelah Dzunnun meninggal dunia.
Menurut Al-Hujwiri, pada malam kematian Dzunnun, tujuh puluh orang bermimpi melihat Rasulullah saw. Dalam mimpi itu, Nabi bersabda, “Aku datang menemui Dzunnun, sang wali Allah.” Sesudah kematian-nya, konon di atas keningnya tertulis: Inilah kekasih Tuhan, yang mati karena mencintai Tuhan, dan dibunuh oleh Tuhan.
Sebagai umat muslim saya juga secara pribadi menyesalkan pembuatan film FITNA. Disini harus jelas mana batas antara kebebasan berekspresi dan mana arti menjaga toleransi terutama yg menyangkut dengan keyakinan. Badai protes di Indonesia datang luar biasa yang juga sebenarnya saya sesalkan. Tindakan anarkis dengan merusak dan melempari telur busuk ke kedutaan belanda bukanlah suatu respond yang cerdas untuk menanggapi pembuatan film ini. Disini malah Si Wilder sang pembuat akan merasa jumawa dan berkata.. itulah muka islam yg doyan akan “kekerasan”. Pengrusakan kedutaan besar belanda kemudian menuntut untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan belanda juga pelampiasan yg keliru menurut saya. Toh nyata2 pemerintah belanda sudah menunjukkan sikapnya bahwa mereka mengecam pembuatan film fitna dan menyatakan bahwa itu tidaklah mewakili pandangan warga belanda pada umumnya. Dan satu bukti nyata dr pernyataan tersebut adalah dengan tidak adanya satu stasiun televisi pun di belanda yg mau untuk menayangkan film itu.
Disini saya tidak akan membahas isi film Fitna, karena saudara2 yg ingin menyimak bisa melihatnya dengan mudah di jejaring berbagi video alias youtube. Yang ingin saya sampaikan disini adalah perspektif lain dari bagaimana cara kita menyikapi film fitna ini terutama bagi umat muslim. Saya tidak akan mengatakan secara langsung tentang bagaimana respond atau reaksi terhadap film fitna ini, tapi saya ingin menghadirkan sebuah kisah yang secara apik ditulis oleh KH Jalaluddin Rakhmat dr website beliau http://www.jalal-center.com. Sebuah kisah yang saya rasa relevan baik itu terhadap case yg saya bicarakan ini atau juga case2 yang lain yg langsung atau tidak langsung menuntut sebuah reaksi dari kita sebagai umat muslim..
MEMBALAS KEBENCIAN DENGAN KASIH SAYANG
Salah seorang di antara tokoh besar dalam dunia kesucian adalah orang Mesir yang bernama Dzunnun. Karena ia berasal dari Mesir, maka ia dikenal dengan sebutan Dzunnun Al-Mishri, Dzunnun Si Orang Mesir.
Ketika ia masih hidup, orang-orang tidak mengenalnya sebagai orang yang dekat dengan Allah. Ia malah lebih banyak dicela dan dicemooh orang karena dianggap kafir, ahli bid’ah, dan orang murtad. Ia tidak pernah membalas semua tuduhan itu dengan kemarah-an atau serangan balik. Ia bahkan menunjuk-kan dirinya seakan-akan ia mengakui seluruh celaan itu. Selama ia hidup, orang-orang tidak mengetahui bahwa Dzunnun adalah salah seorang di antara waliyullah, kekasih Allah. Orang mengetahui kedekatannya dengan Tuhan setelah Dzunnun meninggal dunia.
Menurut Al-Hujwiri, pada malam kematian Dzunnun, tujuh puluh orang bermimpi melihat Rasulullah saw. Dalam mimpi itu, Nabi bersabda, “Aku datang menemui Dzunnun, sang wali Allah.” Sesudah kematian-nya, konon di atas keningnya tertulis: Inilah kekasih Tuhan, yang mati karena mencintai Tuhan, dan dibunuh oleh Tuhan.
Masih menurut Al-Hujwiri, pada saat penguburan Dzunnun, burung-burung di angkasa berkumpul di atas kerandanya sambil mengembangkan sayap mereka seakan-akan ingin melindungi jenazahnya. Pada saat itulah orang-orang Mesir menyadari kekeliruan mereka dalam memperlakukan Dzunnun selama ini.
Ada banyak kisah tentang Dzunnun dan hampir semua kisah hidupnya itu menjadi pelajaran yang amat berharga. Kisah-kisah itu menjadi petunjuk bagi kita dalam mendekati Allah swt. Di antara kisah-kisah yang dituturkan tentang Dzunnun adalah satu kisah ketika ia berlayar bersama para santrinya dengan sebuah perahu di atas sungai Nil.
Alkisah, pada suatu hari, berlayarlah mereka di sungai Nil. Yang sedang berekreasi di sungai itu bukan hanya orang-orang saleh seperti Dzunnun dan para santrinya, tetapi juga orang-orang yang menggunakan rekreasi sebagai alat untuk melakukan kemaksiatan. Di tengah jalan, bertemulah dua kelompok perahu yang mempunyai “ideologi” yang berbeda itu. Pada perahu yang satu, terdapat Dzunnun, sang kiai, bersama para santrinya. Mereka melantunkan zikir kepada Allah swt. Pada perahu yang lain, ada sekelompok anak muda yang memetik gitar, berhura-hura, berteriak-teriak, dan berperilaku yang menjengkelkan santri-santri Dzunnun.
Karena para santri percaya bahwa doa-doa Dzunnun pasti diijabah, mereka meminta Dzunnun untuk berdoa kepada Allah supaya perahu anak-anak muda itu ditenggelamkan Tuhan jauh ke dasar sungai Nil. Dzunnun lalu mengangkat kedua belah tangannya dan berdoa: Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memberikan orang-orang itu kehidupan yang menyenangkan di dunia ini, beri juga mereka satu kehidupan yang menyenangkan di akhirat nanti.
Santri-santrinya tercengang. Semula mereka berharap Dzunnun akan mendoakan anak-anak muda yang ugal-ugalan itu agar ditenggelamkan Tuhan karena anak-anak muda itu memandang kehidupan hanya semata-mata kesenangan saja. Tapi aneh bin ajaib, Dzunnun hanya berdoa seperti di atas. Para santri terkejut mendengar doa Dzunnun.
Ketika perahu anak-anak muda itu mendekat, mereka melihat Dzunnun ada di perahu itu. mereka menyesal dan meminta maaf. Entah bagaimana, memandang wajah Dzunnun membawa mereka kepada kesucian. Mereka meremukkan alat-alat musik mereka dan bertaubat kepada Tuhan.
Waktu itulah Dzunnun memberi pelajaran kepada para santrinya, “Kehidupan yang menyenangkan di akhirat nanti adalah bertaubat di dunia ini. Dengan cara begini, kalian dan mereka puas tanpa merugikan siapa pun.”
Kita tertarik dengan cerita Dzunnun ini. Kita terbiasa untuk menaruh dendam kepada orang-orang di sekitar kita. Seringkali setelah kita menjalani kehidupan yang baik, kita jengkel kepada orang-orang yang kita anggap buruk. Ketika ada orang yang memperlakukan kita dengan jelek, kita berharap bahwa kita bisa membalas kejelekan itu dengan kejelekan kita lagi. Untuk itu kita sering menutup-nutupinya dengan berkata, “Supaya ini jadi pelajaran bagi mereka.”
Dzunnun melanjutkan tradisi para rasul Tuhan yang mengajarkan kepada kita untuk membalas kejelekan yang dilakukan orang lain dengan kebaikan. Bayangkanlah ketika Anda berdoa supaya saingan Anda hancur, agar musuh Anda binasa, Anda akan memperoleh satu manfaat saja: Kepuasan hati karena hancurnya saingan Anda. Tapi ketika Anda berdoa: Ya Allah, ubahlah kebencian musuh-musuhku menjadi kasih sayang, Anda akan mendatangkan manfaat kepada semua orang. Sama seperti doa Dzunnun Al-Mishri.
Dahulu, Nabi Isa as beserta murid-muridnya lewat di depan rombongan pemuda yang ugal-ugalan juga. Mereka bukan saja melakukan tindakan-tindakan maksiat ketika kelompok Nabi Isa datang, mereka juga malah melemparkan batu ke arah Nabi Isa. Nabi Isa berhenti dan memandang mereka untuk kemudian mendoakan kebaikan bagi mereka. Murid-muridnya bertanya, “Mereka melempari batu ke arahmu tapi mengapa engkau malah membalas dengan doa yang baik?” Nabi Isa menjawab, “Itulah bedanya kita dengan mereka. Mereka kirimkan kepada kita keburukan dan kita kirimkan kepada mereka kebaikan.”
Rasulullah saw dilempari orang di Thaif ketika beliau mengajak mereka kepada Islam sampai kakinya berlumuran darah. Ketika malaikat datang kepadanya menawarkan untuk menimpakan gunung di atas orang-orang yang menyerangnya, Nabi hanya berkata: Ya Allah, berilah petunjuk kepada kaumku karena mereka adalah orang-orang yang tidak mengerti.
Dzunnun Al-Mishri mengajari kita tradisi para nabi dan orang-orang saleh; membalas kejelekan dengan kebaikan. Jadilah kita seperti pohon Mangga di tepi jalan, yang dilempari orang dengan batu tetapi ia mengirimkan kepada si pelempar itu, buah yang telah ranum. Ahsin kamâ ahsanallâhu ilaik, berbuatlah baik sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu.
Di antara perbuatan baik yang sangat tinggi nilainya adalah membalas keburukan orang kepada kita dengan kebaikan. Ini bukanlah suatu hal yang mustahil, melainkan ini adalah ajaran kesucian yang akan membawa kita lebih dekat kepada Allah swt.
No comments:
Post a Comment